September 12, 2013

BACK! (again)

HEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEYYYAMKORAMBEYAMKOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO

GILA IH UDA LAMA BANGET ENGGA NULIS WUOOOOOOYYYYY
(elap elap debu) (elap elap jaring laba laba) (cabut papan disewakan) (apose)

halo semuanyaaaaaa! #ehem
gila yaa ini uda lama banget gak nuliss (diulang)
jujur sih kangen banget menyarakan isi hati #azek yaa kayak mencurahkan isi pikiran dan hati #azeklagi dan kangen monolog-ing juga.

no, im not that friendless. cuma kayak enak aja gitu nulis nulis kayak bercerita, entah dibaca or not sama orang2.

hari ini gue pengen banget nulis karena gue abis aja ketemu sama BFF guweh (ala ala abege) hahahaha gak deng. intinya ini temen deket gue banget dari bocah sampe sekarang, trus tadi ketemu dan cerita2 gitu banyaaaaaaaaaak banget sampe gak ada alur ceritanya. pokoknya yang ada di pikiran langsung dikeluarin aja gitu.

dan since yaa hasil obrolan gue dan hasil #NLIGHT tadi lumayan nyambung (atau gue yang nyambung nyambungin), so i decided to write. its about work sih. mungkin temen2 yang udah kerja, atau lagi nyari kerja, atau masih kuliah dan mulai kepikiran mau kerja dimana, this post may (hopefully) help hohoho

buat yang gatau apa itu #NLIGHT, ini semacam kayak seminar kecil gitu lah ya. diadain tiap bulan oleh tempat dimana gue bekerja. dan mengundang pembicara yang kece kece abis. gue uda ikut 3 kali, dan jujur gue demen banget sama 2 dari 3 pembicara yang telah gue ikuti.

salah satu yang gue demenin adalah yang hari ini gue ikutin, boleh difollow twitternya di @PaulusBWS. sharingnya jujur kena banget. kayak pakek bahasa kalbu gitu deh, langsung menyentuh batin dan nurani gue #apeu tapi seriusan oke banget. mungkin kalo tadi dilanjut sampe jam 7 malem pun gue akan willingly ikut.

apa hubungannya dengan yang tadi gue obrolin dengan temen gue? we talked about jobs. dia lagi magang di suatu perusahaan, dan gue juga. jadi yauda pembahasan kita seputar dunia kerja. where to work, gimana rasanya kerja, and the need to get a job RIGHT AFTER graduating.

menurut kalian gimana, readers? #AZZZZZZZEK hahahahahahhahahhahhahahahahah

sekali lagi, what i write here is my pure opinion ya. please open your mind while reading my posts. jadi kalo ada yang suka over sensitive, better click the x button on the top right corner ;) because the world doesn't revolve around you, darling.


so, the first question is : mending langsung kerja or not abis kuliah?
i graduated on february, and got the job on april. 2 bulan ngapain? cari kerja. susah, asli. yaa mungkin karena gue banyak mau juga kali ya, dan masukinnya juga ke perusahaan yang ga bercanda jadi prosesnya lama. entahlah. tapi yaa i have 2-months-"holiday" sebelum masuk kerja. dan jujur gue agak menyesal sih tidak memanfaatkan 2 bulan tersebut dengan baik, seperti misalnya berlibur kemana gitu

karena ketika lo sudah mulai bekerja, kesempatan untuk liburan dan senang senang itu mendekati 0. tapi ya sekali lagi tergantung kerjaannya juga sih. kalo kerjaannya santey dan bisa punya banyak waktu luang untuk berlibur, ya silakan. tapi juga tergantung sih. kalo lo lebih demen menghabiskan waktu di rumah drpd jalan jalan, ya monggo.

ini apa sih kebanyakan tergantungnya mhauhuahuaha dudududu

jadi, sebaiknya langsung kerja atau engga? well, work when you're ready. dan lakukanlah yang menurut lo baik untuk lo lakukan. both for yourself or your family.

kalo gue lebi pili langsung kerja, kenapa? karena gue kayak pengen nyari uang sendiri (jujur) dan ga ngerepotin orang tua lagi. kadang malu sih, kayak uda 20++ tapi masi dibiayain orang tua. yaa mungkin tempat tinggal dan sebagainya masih sih. tapi untuk kayak belanja, pergi sama temen - temen dan sebagainya yang untuk kesenangan pribadi, kok rasanya agak lanchang menggunakan uang orang tua..

kayak ga sampe ati aja gitu gue. orang tua uda susa susa cari duit, eh kita pakeknya untuk kesenangan pribadi. walaupun some sayings say that kesenangan anak adalah kesenangan orang tua, TAPI GA GITU JUGA KELLLLLESH.

and im also planning on this and that in the future, jadi mulai nabung dari sekarang. and it feels good sih to earn your own money dan spend it. jadi lebih mikir juga karena lo menghasilkan uang sendiri, dan lo sendiri juga tau uang itu akan lo gunakan kemana.


anyway. lanjut ke poin berikutnya adalah, ternyata ada 2 workfield yang sekarang lagi ngehitssss banget. gatau sih hits apa engga, cuma kayaknya lagi banyak dibicarakan sih. buat yang bingung tipe usaha/pekerjaan, i've written one here. sila dibaca walau isinya mungkin agak ya gitu deh. tapi worth to read kok #teuteup.

okay intinya adalah, pasti temen2 semua uda sering denger yang namanya MLM. dan pasti banyak yang langsung menolak ketika ditawari MLM. right? tenang, gue disini gamau nawarin MLM kok. dan ga tertarik juga. dan cuma mau menyampaikan sudut pandang seorang gue.

gue pernah ditawarin MLM, waktu gue masi SMP3 atau SMA1 gitu, pokoknya hits banget deh i was back then. strukturnya ya sama lah. lo akan masuk ke tim ini, nanti lo cari anggota, dan seterusnya dan sebagainya. waktu itu gue ditawarin untuk MLM produk FMCG gitu lah. dari sebuah benua di asia yang yaaa pasti uda pada tau kali ya. dan highlight dari cerita itu yang dijual ke gue adalah, ada yg berhasil di bisnis MLM ini dan bisa beli kapal laut bagus dengan harga ratusan juta. tergiur? ngga juga sih, krn masih cupu, pemikiran gue adalah : "ngapain beli kapal laut? kayaknya program ini ga guna deh" as simple as that.

kemudian gue mulai pintar, dannnn ditawarinlah gue ke suatu bisnis. bukan MLM, i can guarantee that. ini suatu bisnis yang yaa memberikan bukti bukan janji deh. produknya juga bukan yang tangible, lebih ke servis. saving people's life, kalo katanya. because they understand. DUHH too much spoiler ini mestinya uda pada tau kali ya hahahahaha

gue join secara tidak langsung, dan no joining fee juga. kerjaannya ya nawar2in produk juga dan waktu itu sambil nunggu panggilan kerja jadi ya why not toh. nyobain sesuatu yang baru.

lets say ini mirip MLM ya. because kayaknya emang keduanya mirip. coba deh yang pernah ditawarin MLM, pasti yang digembor2in adalah uangnya. betapa lo akan balik modal, akan kaya raya, akan ini akan itu, dan sebagainya. siapa sih yang ga tertarik dengan uang? dan waktu itu gue iseng2 coba. nothing to lose. cuma seiring dengan berjalannya waktu, gue uda mulai jago nawarin orang, tetiba gue dipanggil perusahaan ini yang emang udah jadi impian gue sejak semester akhir.

at first gue sempet coba kerjain dua2nya, penasaran sama sejauh mana kemampuan gue. kenapa gue mau jalanin dua2nya? karena gue diterima di perusahaan yang emang HATI gue pengen, tapi di sisi lain bisnis "MLM" ini menawarkan harta duniawi which is money yang tentunya bikin gue bisa kasarnya "ngebahagiain orang tua" gue. true that because kl diitung2, emang in the next 3-4years gue bisa bawa nyokap bokap gue lets say euro-tour dengan uang yg dihasilkan dari bisnis ini.

at last, bisnis ini gue lepas. kenapa? karena its not always about the money, honey #rhyme satu leveraging yg ditawarkan disana (dan pastinya di MLM lainnya) adalah the advantages of having more quality time with your family dan sebagainya. kayak kalo lo kerja, pasti lo akan dari pagi-sore/malem di kantor jadi less quality time. sedangkan kalo lo kerja sendiri di situ, lo ga harus pagi-sore/malem di kantor dan bisa punya more quality time. dan dengan sendirinya uang mengalir ke elu. make sense sih. tapi beda. 

beda aja gitu menurut gue. kayak mungkin, mungkin kalo gue disana, gue akan bisa punya more money dan soon, more time with the family. gue bisa beli barang2 yang gue pengen, bisa beli ini itu, bisa ajak orang tua ke sana sini tanpa mikirin masalah finansial.

tapi disini, mungkin uangnya ga akan sebanyak (yang digemborkan) disana, entahlah, tapi gue happy. this is the most important. gue senang melakukan apa yang gue lakukan. gue bangga terhadap apa yang gue lakukan, dan pastinya gue dapet apa yang mereka ga dapet disana. salah satunya ya nilai2 yang gue dapet di #NLIGHT ini.

fight for values, not valuable things.
i enjoy being here, despite the x factors such as the workloads or the money, because its not always about the money. its about you, being true to yourself. to what you're doing.

after all, seperti yang tadi gue bilang, there is always two sides of a coin. kayak satu cerita/masalah, pasti akan ada banyak pendapat. akan ada pro kontra. mungkin kalo gue kerja di bagian MLM, gue ga akan nulis post seperti ini. gue akan membanggakan MLM gue. you will defend the side that you're in. because kalo engga, kenapa ada di sisi sana? 

it is human to stand for what you believe in. but at the end of the day, there is only 2 questions left :
1. apakah yang lo lakukan sekarang memiliki kontribusi yang baik bagi goal hidup lu 5-10tahun lagi?

and my most favorite, also the baseline of this post :
2. are you happy with what you're doing now?

sama kayak yang disharing di #NLIGHT hari ini : its in your hands. nasib lo, ya di tangan lo. apart from God's hands sih, because manusia boleh merencanakan, tapi Tuhan juga yang menentukan O:)

the point is, kita hidup cuma sekali. stop spending time doing the things you don't love only because it pays good and so on. be honest with yourself, because if you don't, then who will?


semoga post gue bermanfaat ya hahahahahahahahha
ADIOS!

No comments:

Post a Comment