April 18, 2013

WELCOME TO THE REAL WORLD!

ada yang bilang, "real world" itu baru bener bener berasa kalo kita uda mandiri, which is, ya sekarang sekarang ini (buat yang seangkatan sama gue), yaitu ketika kita uda harus bisa cari uang sendiri, dan pelan pelan uda ga dibayarin orang tua lagi, malah kita yang seharusnya ngebayarin orang tua kita, sodara, dan sebagainya

am i right?? hahahahaha

sekarang, pada bingung gak sih gimana menghadapi "the real world"?
jujur, gue pribadi sih bingung. ibarat orang yang seumur hidup tinggal di indonesia, tiba tiba dipindah ke kutub utara, serasa cultural shock (oke gaknyambung)

hahahahha what im trying to say is that, ya itu, shock ketika masuk ke dunia yang sesungguhnya. bingung sih tepatnya, seperti yang pernah gue singgung di beberapa post sebelum ini, kita semua yang baru lulus pasti menghadapi satu tanda tanya besar : "NOW WHAT?"

atau gue doang jangan jangan? hahahahahaha

bayangin kita dari kecil, dituntun sama orang tua. sekolah dari TK, SD, SMP, SMA, sampe kuliah yang mana secara garis besar ya siklusnya setipe : bangun, dateng ke sekolah, belajar sampe ngantuk, pulang, kerjain tugas, main main, bobok, bangun lagi, dan seterusnya sampeeeeeeeee lulus, dan kemudian cari kerja, dan bingung apa yang mesti dilakukan. hahahahaha

mungkin yang pernah magang atau merasakan dunia kerja itu kayak gimana, uda ga bingung bingung gimana lagi ya. cuma ternyata the very first step buat masuk dunia kerja itu lumayan gambling bro! penasaran? lanjut bacanya cyin HAHAHAHAHA


ini gue cerita dari sisi seorang anavaliza atmadja, s.si ya. BEH. ES ES I CUY. hahahahahahaha oke ehm.

personally, yang bikin gue bingung adalah "kerja tuh ngapain sih?" karena gue sama sekali ga ada gambaran gimana itu kerja kantoran. gue pernah merasakan dunia kerja :

1. di sanur, ada yang namanya PENGENALAN DUNIA KERJA. jadi kita semua anak anak SMA cupu ini akan diminta buat magang di suatu tempat. tapi tempatnya ini ditentuin sekolah, jadi kita sama sekali blank bakal magang dimana. dan sekolah pun pilihin tempat yang katanya either deket rumah kita, atau deket sanur. jadi bukan berdasarkan minat kita sendiri. mungkin sekolah mikirnya kita masih terlalu culun untuk tau minat kita dimana kali ya................

anyway. gue dapet magang di......................GEREJA KATEDRAL. eaaaaaa. gue waktu itu sempet mikir "magang di Gereja? apa jangan jangan gue disuruh berdoa tiap hari ya....." secaraaa di Gereja gitu. akhirnya gue menjalani 1 bulan gue disana. enggak, gue ga disuruh berdoa tiap hari. walaupun emang tiap hari kita harus doa ya. hahahahaha

waktu itu gue dapet bagian di kayak seksi kepemudaannya gitu lah. kerjaannya sih di katedral terus ga kemana mana. gue aja sekarang lupa ngapain aja sebulan. hahahaha gue cuma inget dateng - makan - pulang. in betweennya......agak kabur ya. mihihihihi
yang paling gue inget adalah satu hari terakhir sebelum kita udahan magang disana, kita diajak buat ngelakuin aksi diam di depan istana.

aksi diam itu kayak salah satu cara untuk mengingatkan pemerintah tentang pelanggaran HAM besar besaran contohnya kasus munir, dan kasus kasus HAM lain yang belom selesai. kita pakek pakaian hitam hitam, trus yauda bediri aja disana. trus kalo ga salah inget, ada foto foto dan segala lah yang mengingatkan kita akan kasus HAM yang belom kelar itu. ga cuma kita kita orang, tapi beberapa keluarga korban yang kasusnya belom terpecahkan juga ikut aksi diam di depan istana. kita bediri disana kayak sekitar 2jam-an ya....trus pulang.

udah. ini pengalaman kerja pertama gue, yang mana seperti bisa dilihat, bukan kantoran. bahkan kita cuma disuru pakek kaos sama celana panjang. hmmm


2. guru privat inggris. yaaaa seperti yang bisa dilihat dari namanya. guru les privat. totally bukan kantoran, im on my own, jadwal juga nyesuain sama anaknya, kerjanya cuma ngasi ngasi soal, sama bantuin dia kerjain soal dari sekolah.

oh selain itu gue juga pernah jadi guru les inggris di tempat les gue dulu. dan waktu itu gue ngajar anak anak SD. yaaa isinya belajar belajar standar karena uda ada syllabus dan buku pegangannya, trus kalo bosen ya main. muahahahahahaha 


3. asisten lab. untuk standar dunia kerja, ibaratnya ini kerja di lab sih. menurut gue pribadi semua yang pernah ngerasain lab (selama 6 semesteran) pasti bisa lah kerja di lab....mihihihi



4. internship semasa kuliah.
yang ini mungkin sebagian besar orang uda pada tau ya, karena gue pernah ngepost somewhere in this blog. gue internship di BALAI PENELITIAN TERNAK, tepatnya di KANDANG DOMBA. nyam.

gak deng, sampe sekarang gue ga makan kambing/domba lagi. hahahahaha ya gimana gue kira kira sebulanan ngejagain mereka, mulai dari ngasi makan, gunting bulu, mainan bareng, sampe......ngukurin eek sama pipis mereka ('''':

ibaratnya kerja kasar lah. waktu itu juga gue dateng kerja cuma pakek kaos, celana panjang, dan bahkan sendal jepit ('': kerjanya sama mang mang di kandang lah. bantuin mereka angkat rumput dan lain lain. hahahaha

waktu itu partner in crime gue namanya agnes natalia. setipe sama gue lah (cieeee) hhahahahaa dan di kandang itu ceweknya cuma gue sama si agnes natalia ini yang akrab dipanggil aboy. kita milih di kandang karenaaa kita mikirnya kapan lagi men bisa nyobain kerja di kandang?? hhahahaha

karena gue sama aboy ini ga bisa diem dan kalo diem kita ngantuk, jadi kita suka bantuin bapaknya angkat rumput yang beratnya BERAT BANGET KAGA PAKE BOHONG. padahal bapak bapaknya udah kayak ngelarang kita gitu, cuma ya gimana masak bapaknya angkat berat berat kita cuma duduk duduk doang hahahahaha

dan waktu itu motivasi kita juga buat latihan ftb games. eaaaa hahahah trus disana juga ada palang palang atap gitu kan, kita suka sok sokan pull up padahal cuma kuat gelantungan. gue sih. si aboy kayaknya kuat angkat badan walaupun cuma 1 kali. gua ga kuat angkat badan sendiri ._______. #gendut


gitu deh kisah pengalaman kerja gue. GAK ADA YANG DI KANTORAN KAN?? gak ada yang harus pakek kemeja, celana bahan, sepatu cantik, dan sebagainya. semua bener bener kerja lapangan dan atau kerja sendiri. 

makanya sekarang gue have no idea gimana sih sebenernya kerja di kantoran. apakah nanti gue akan meeting tiap hari? trus kerja harian gue ngapain? liatin grafik penjualan? emang bakal masuk bagian apa sih? atau gue harus cari cari jurnal? atau ngapain?? kurang lebih gitu deh kebingungan gue.


here is the trick dan gue akan dengan senang membaginya kepada kalian semua wahai pembaca setia muahahahahaha. gue bertemu dengan dua orang hebat yang menuntun gue dalam memasuki dunia pekerjaan. 

1. dosen kimia dasar, HACCP, sekaligus vice president dari salah satu perusahaan makanan terbesar di indonesia.
gue dateng ketemu beliau barengan sama cowo gue. jujur waktu itu tujuan gue cuma nemenin doang, tapi siapa tau justru pertemuan tersebut membuka mata gue mengenai dunia kerja.

waktu itu kita ngobrol cukup panjang. kita kayak ngobrolin jenjang karir untuk ke depan, dan sebagainya. oke supaya lebih santai, lets change beliau to dosen gue. hahahahahaha jadi dosen gue ini, bagi yang udah tau siapa, adalah seorang PhD di bidang kimia. KIMIA CUY. dan dosen gue cerita kalau setelah dapet gelar PhDnya, dosen gue kerja di perusahaan manufacturing jepang yang gede banget. dan setelah dosen gue kerja disana, dosen gue merasa "THIS IS IT. THIS IS MY PASSION" jadi dengan sangat rela, dosen gue bekerja di bidang manufacturing dan yaaa sedikit abandon ilmunya di kimia. dosen gue cerita, kalau profesi guru (misalnya dosen) itu incomenya gak gede. makanya beberapa dosen, pasti punya kerjaan sampingan lain. kalo ga, ya ga nutup. begitu kata dosen gue.

dosen gue juga cerita kalo ya intinya kita harus ketemu that passion, dimana kita bakal kerja, itu yang bakal nentuin kita ke depannya bakal jadi apa. dosen gue juga cerita tentang beberapa bidang pekerjaan. menurut dosen gue, finance merupakan salah satu bidang yang naiknya cepet. itu jelas sih menurut gue. dan kedua anak bimbingan skripsi dari dosen gue ini, which is kakak kelas gue di biotek, sekarang dua duanya kerja di bank. dan mereka happy. thats all that matters. happy. yang penting kita happy dalam melakukan pekerjaan kita.

selain itu dosen gue juga bercerita mengenai pekerjaan di lab. kenapa? karena ya gue dan cowo gue merupakan lulusan biotek. hahahaha intinya kalo mau kerja di lab itu, unless kita master/PhD, kita ga bakal naik. karena atasan kita, pasti master, dan atasannya master, pasti si PhD. jadi kalo anak anak biotek mau di bidang biotek tetep, ambillah master/PhD sekalian. kalo cuma bachelor, susah naiknya.

sekarang, setelah lulus, apakah kita rela meninggalkan hasil jerih payah 3.5tahun? hmm.

apa lagi ya. oh kita juga ngomongin tentang bidang consulting. tapi gue lupa apa aja. hahahahahhaha ini anti klimaks ya. tapi itu deh pokoknya yang paling nyantol di kelapa gue.

 
2. sodara gue. jadi dia ini anaknya sepupu nyokap gue. jadi mamanya nyokap gue punya kakak, punya anak, nah ini anaknya. MUAHAHAHA bingung? hahahahahha
sodara gue ini, jujur, keren. hahahaha kalo lo liat profile dia di linked in, beh, awards sama honorsnya luar biasa. penasaran siapa? ets rahasiaaaa. hahahahahah

sedikit biografi. jadi sodara gue ini merupakan lulusan food tech dari UPH. lulus dari UPH, dia kerja di tempat sekarang gue sudah sign contract, pernah sebagai product development dan brand. setelah itu dia pindah ke perusahaan yang bikin lifebuoy, jadi asisten brand manager. long story short, dia ditawarin sama 4 perusahaan lain (head hunter), yaitu perusahaan keju yang terkenal, perusahaan yang bikin wafer tango, perusahaannya akua (?) sama perusahaan yang bikin post it. HAHAHAHAH silahkan di google masing masing hahahahahha intinya dia memilih masuk di perusahaan yang bikin post it, jadi junior brand manager ya kalo gak salah. pokoknya udah oke deh.

waktu itu gue sempet obrol obrol singkat sama dia. dan obrolan ini bener bener membantu gue dalam menentukan pekerjaan.

sodara gue cerita, kalo pekerjaan pertama itu paling menentukan dalam jenjang karir kita. ibaratnya ni misalnya sekarang gue biotek, tapi gue kerja pertama jadi entertainer. trus andaikan suatu hari nanti gue mau kerja di bagian biotek lagi, boom, gue uda susah masuknya. maka dari itu, pekerjaan pertama sangat menentukan kita dalam jenjang karir, dan masa depan pekerjaan.

sodara gue cerita, kalo bisnis itu, dibagi 3. B2B, B2C, farmasi.
B2B itu merupakan business to business. jadi dari perusahaan, dijual ke perusahaan lain untuk diolah, bukan dijual langsung.
B2C itu merupakan business to consumer. kayak perusahaan FMCG lah, jadi langsung dijual ke konsumer.
farmasi, ya farmasi, yang obat obatan gitu kali ya. hahahahhahaha

nah 3 itu yang paling penting. kita pilih satu bidang, dan tekunin disana. sodara gue cerita, temen dia ada yang awalnya kerja di farmasi, udah lumayan oke lah tingkatannya, salary juga oke. trus suatu hari dia mau pindah ke perusahaan B2B/B2C gue lupa. begitu dia pindah, di offering salarynya rendah banget, ibarat mulai lagi dari 0. gamau dong lo tiap tiap pindah mulai lagi dari 0? makanya dari awal, tentuin deh tuh mau masuk yang mana... sebelum salah jalan..

sodara gue juga cerita, kalo perusahaan gede itu umumnya mau cari yang uda experienced. jadi mending start small dulu, pelan pelan nanti naik ke perusahaan gede. masuk akal sih menurut gue, emang segala sesuatu tuh kita harus mulai dari bawah.. betul? heheheh

ini obrol obrol sama dia super singkat, cuma pas makan makan keluarga gede sebelum nunggu makanan dateng, tapi ngena banget ke gue. hahahahaha



dah sih gitu doang yang mau gue cerita. semoga bisa cukup membantu bagi yang masih cari kerja.

inti dari segala inti yang mau gue sampaikan sih, mengenai pekerjaan, FIND YOUR TRUE PASSION. karena emang setelah ini, hidup lo akan lo habiskan untuk pekerjaan kan? lets say 24jam sehari, 10jamnya dipake buat kerja. therefore, kerjalah sesuai dengan minat kalian, buat apa buang waktu dan tenaga untuk hal hal yang kalian sendiri sebenernya gak minat? lebih enak ngerjain hal hal yang sesuai dengan minat kalian kan? mehehehehehe

sesuai dengan bio di twitter gue,
"my father always told me : find a job you love, and you'll never have to work a day in your life"
-Jim Fox 


semoga pekerjaan kalian sesuai dengan minat kalian ya!! 

LATER, FOLKS!

2 comments:

  1. kak ana! thank you loh ini post nya agak agak mencerahkan dan kontemplatif, karena aku lagi galau masa depan, bingung mau ngapain setelah lulus (padahal masih semester 4).

    KANGENN!

    ReplyDelete
  2. OMG DAY AKU BARU BACAAAA gilaaa uda lama banget ni aku ga ngeblogggg hihihi
    sama sama dayyy goodluck yaaa

    pikirin dari skrg aja biar makin semangat kuliahnya hihihi

    GODBLESS! :D

    ReplyDelete